Selasa, 06 Januari 2009

Processor Quad Core!! itu mah biasa.. 64 core baru luar biasa!!

Kuliah OS (Operating System) hari ini tiba-tiba menyinggung tentang Multi-core processor. Tiba-tiba jadi teringat tentang makalah tugas kelompok yang pernah ditulis buat mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer semester kemaren, berarti sekitar pertengahan tahun 2008. Udah Lumayan lama, Tapi gak apa-apa,walaupun gak uptodate tapi pasti banyak yang belum tw kan ^^. Dengan berkembangnya multimedia, dan mobilitas orang yang semakin tinggi. Di masa depan, processor itu dituntut untuk memenuhi kebutuhan sebagai berikut:

  • Konsumsi power yang kecil
  • Ukuran PCB yang kecil
  • Semua komponen terintegrasi dalam satu processor
iphone

iphone

nah, pada gambar contohnya adalah mobile phone yang udah canggih deh, bisa macem-macem, kan gak mungkin tu nyolok ke listrik terus, beda dengan komputer desktop yang bisa terus terhubung ke listrik. Nah ini ni yang butuh spec processor yang dahsyat.

kan udah mulai beredar tuh processor dual core, terus disusul core 2 duo, terus udah muncul lagi yang quad core. Tapi ternyata, Sekarang ini udah ada processor yang mencapai 64 core. Merek dari processor ini adalah “TILE-64″. Processor ini dibuat oleh perusahaan processor baru yang lagi naik daun “TILERA corporation”, mungkin namanya belum se-terkenal “INTEL corporation” dengan intel pentium-nya. Tapi perlahan tapi pasti ni perusahaan ini akan menjadi raksasa baru di dunia processor, karena perusahaan ini udah berhasil memberi terobosan baru di dunia processor.Tapi, emang sih Tile-64 ini belum dipasarkan secara umum, baru buat server dulu (ya iyalah, spec segede gitu buat komputer biasa, buat apaan bozz..) kalo gak salah udah dipasarkan 10rb keping, dengan harga yang sangat murah sih, tapi lupa berapa, kalo gak salah inget, sekitar 5juta Rupiah gitu per kepingnya.

Jadi, sebenernya kalo mengandalkan arsitektur processor yang sekarang, maka jumlah core yang bisa ditingkatkan akan sangat sangat terbatas, kenapa? Karena arsitektur yang sekarang belum bisa meminimalkan masalah utama processor multi-core. Apa itu?? Kita singkat aja 3 P.

Performance —- increasing core will lead to increasing bottleneck.
Power Efficiency —- how to keep the power consumption low
Programmibility —– Reduce programmer’s problem in developing application in multicore environment

Nah, seorang professor dari MIT, orang India, namannya Dr. Anant Agarwal, berhasil menemukan arsitektur baru (yang udah dipatenkan tentunya) yang bisa membuat processor memiliki multi-core hingga tak terbatas. wuiiihh..dahsyat abizz pokoke..
Oh iya, sebagai tambahan, Dr. Anant Agarwal ini adalah founder dan chief executive di Tilera corporation ini. Jadi, macam Bill Gates gitu deh, udah pinter terus berjiwa entrepreneur.

diagram_tile64

diagram_tile64

Supaya kebayang berapa besar kemampuan TILE-64 ini, kita akan bandingkan dengan processor Intel dual-core Xeon yang biasa dipake buat komputer server. Jadi si TILE-64 ini mempunyai performansi 10 kali lipat lebih baik, dan masalah Power Efficiency, untuk setiap watt yang sama di TILE-64 produktivitasnya 30 kali lipat lebih banyak. hmmm… dahsyat kali kan.

Nah, kata Pak Anant Agarwal ini, diprediksikan sekitar tahun 2017 processor yang ada di tangan kita nti kira-kira udah memuat sekitar 128 cores, (hmm..buanyak buanget kan), dan untuk server sekitar 512 core. Ok, artikel di sini gak akan membahas ampe teknisnya, bisa ngantuk nti bacanya. Kalo temen-temen mo tau detilnya, mo tau apa sih yang berubah arsitekturnya? Inovasi apa yang dikembangkan? gimana cara kerjanya? gak usah pake lama, langsung aja ke situsnya tilera, biar dapet info yang lengkap. Nih link-nya : www.tilera.com

Tidak ada komentar: